Rabu, 09 Maret 2011

Rahasia Cantik Wanita di Belahan Bumi Lain


jepang
Wanita Jepang selalu dikagumi kecantikan kulit dan rambut hitam mereka. Sementara wanita Yunani memiliki kulit yang indah dan berkilau. Indonesia sendiri, seperti kita ketahui, kental akan ramuan tradisional. Dari cem-ceman untuk menghitamkan rambut, scrub dari buah-buahan dan bahan lain, hingga penggunaan jamu. Tetapi karena sudah jarang wanita yang memiliki waktu untuk meramu sendiri, makin banyak produsen yang mengemas produk kecantikan tradisional tersebut dalam bentuk kemasan praktis yang bisa kita pakai sendiri. Atau, kalau masih terlalu repot, tinggal datang ke spa-spa tradisional yang banyak bertebaran di sekitar kita. Tetapi, tidakkah Anda penasaran apa yang dilakukan wanita-wanita di belahan bumi lain lakukan untuk kecantikan tubuh dan rambut mereka? Mau tahu?

Cile
Wanita Cile menggunakan kekuatan antioksidan dari anggur merah untuk kulit berkilau mereka. Mereka menciptakan semacam pasta dari segenggam penuh anggur merah dan 2 sendok makan tepung putih. Caranya, anggur ditumbuh, kemudian dicampur dengan tepung tersebut hingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta tersebut hingga menjadi masker pada wajah, lalu biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan. Shalini Vadhera, penulis Passport to Beauty mengatakan, cara ini membantu membuat kulit terlihat segar dan menghapus kesan lelah pada kulit.

Republik Dominika
Wanita Dominika punya rahasia untuk kuku yang kuat. Caranya, cincang halus bawang putih, kemudian masukkan ke dalam botol berisi cat kuku bening, diamkan selama 7-10 hari. Awalnya memang akan terjadi bau yang sangat menyengat. Namun lama kelamaan bau ini akan menghilang sendirinya. Bawang putih memiliki zat yang mampu menguatkan kuku, dan berlaku pula sebagai antibakteri yang ampuh.

Mesir
Menurut Vadhera, rahasia cantik Cleopatra adalah dengan berendam dalam air susu (mandi susu) untuk melembutkan kulitnya dan mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mencoba perawatan ini, Vadhera merekomendasikan menambahkan 2 cangkir susu bubuk ke dalam air rendaman mandi Anda. Ini akan membuat kulit Anda terasa lembut.

Perancis
Wanita Perancis selalu melakukan perawatan kulit dan tubuh dengan teliti untuk mencegah kerusakan. Caranya, dengan tidak lupa melakukan facial, pijatan, dan selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Resep yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan facial dari bahan alami. Di sana, mereka menggunakan buah ceri dan delima sebagai bahan masker. Remukkan ceri dan bulir-bulir buah delima dalam mangkuk, lalu jadikan masker, diamkan selama 6 menit. Masker ini akan membantu mencerahkan kulit dengan enzim naturalnya, sekaligus mengencangkan kulit. Angkat sisa masker tadi dengan handuk hangat untuk membantu sirkulasi darah.

Yunani
“Wanita Yunani diberkati dengan kulit yang cantik, warnanya tak pekat, namun memiliki cukup melanin untuk melindungi sekaligus menyerap sinar matahari,” papar Macrene Alexiades, M.D., Ph.D., dermatolog asal New York. Kulit mereka pun memiliki kompleksi yang cantik. Rahasianya terdapat dalam asupan makanan mereka, yakni, makanan Mediterania yang kebanyakan menunya terdiri dari makanan laut dan buah-buahan. Makanan laut, seperti ikan-ikanan kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kulit dan otak. Ditambah lagi menu dari buah-buahan dan sayuran yang merupakan penyedia antioksidan dan vitamin. Mereka juga percaya, bahwa minyak zaitun yang sering mereka gunakan berkontribusi bagus untuk kecantikan kulit mereka. Jadi, mulailah mengganti minyak memasak Anda dengan minyak zaitun.

Italia
Wanita Italia terkenal dengan rambut berkilau mereka. Menurut Fabio Scalia, penata rambut dan pemilik salon Fabio Scalia di Brooklyn, New York, jawabannya ada di dapur Anda. Wanita Italia menjaga kilau rambut mereka dengan mengkombinasikan yogurt dan minyak zaitun, kemudian digunakan sebagai kondisioner. Protein pada yogurt memberikan nutrisi sekaligus melembapkan rambut. Caranya, cukup dengan mencampurkan 1 cangkir yoghurt whole milk tanpa rasa dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Aplikasikan campuran ini pada rambut yang sudah dikeramas, biarkan selama 5 menit, kemudian cuci dengan air dingin.

Jepang
Masyarakat Jepang amat percaya akan kekuatan rumput laut (nori). Konon, nori kaya akan mineral yodium yang diperlukan dalam pertumbuhan rambut. Namun, menurut Titi Branch, pendiri produk perawatan rambut Miss Jessie, mengatakan, bahwa yodium yang ditambahkan pada garam meja bukan yang dibutuhkan oleh rambut karena tubuh tidak bisa menyerapnya dengan benar. Rumput laut juga kaya akan mineral lain yang dipercaya bisa menguatkan rambut, seperti zat besi, zinc, selenium, dan tembaga. Wanita Jepang selain menggunakan nori sebagai makanan, juga menggunakannya sebagai pasta untuk menutrisi rambut kering. Cara untuk membuatnya menjadi pasta adalah dengan merebus lembaran nori kering dalam panci, kemudian dioleskan pada rambut, diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan. Cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi nori sehari, hari, cukup dengan memberikan taburan irisan nori pada makanan Anda sehari-hari.

Swedia
Wanita Swedia memiliki kulit yang sehat dan berseri-seri. Rahasia mereka adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Contohnya, buah beri dan ikan panggang. Selain itu, mereka juga punya resep lain. Yakni; melarutkan kantung teh hijau atau white tea, lalu dibekukan dalam bentuk es batu kecil. Batu-batu es tersebut kemudian digunakan sebagai pengganti toner. Kultur Swedia pun percaya bahwa sauna bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Untuk mendapatkan efek sauna di rumah, disarankan untuk menggunakan batu garam yang dicampur dengan sedikit minyak zaitun, dan 10 tetes minyak eucalyptus. Gunakan campuran tersebut sebagai scrub, kemudian bersihkan dengan air dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post