Jumat, 11 Maret 2011

Selingkuhi Istri Raja, Menteri Swaziland Dipecat

Entah apa yang ada di benak Menteri Kehakiman Swaziland, Ndumiso Mamba, sampai berani berselingkuh dengan istri rajanya. Rumor ini lama beredar di Swaziland, negara kecil yang menyempil di bagian tenggara Afrika itu, namun baru pekan lalu terbukti.

Nothando Dube, 22 tahun, adalah istri ke-12 dari Raja Mswati III. Raja, yang memiliki 23 anak ini, kepincut kepada mantan jawara Putri Remaja Swaziland ini saat melihatnya di Reed Dance, enam tahun lalu. Reed Dance adalah sebuah ajang tahunan tempat gadis-gadis berparade tanpa busana dan raja memilih dari diantara mereka untuk jadi istri.
Permaisuri Dube menyamar dengan pakaian tentara untuk bisa menyelinap keluar istana dan menemui selingkuhannya di Hotel Royal Villas, 7 kilometer dari Istana Raja di Ibu Kota Mbabane. Polisi, yang sudah mengendus perselingkuhan ini, mendobrak kamar dan menemukan Menteri Mamba bersembunyi di kolong tempat tidur sang permaisuri.

Perdana Menteri Sibusiso Dlamini segera melansir konferensi pers tentang pemecatan sang menteri. Alasannya, "berhubungan tuduhan yang berkembang di negara." Dia langsung dijebloskan ke penjara, tanpa ada penjelasan waktu tahanan. Sementara Nyonya Dube, yang sudah memberikan dua anak bagi Raja Mswati III, dikenai tahanan rumah dan diawasi 24 jam oleh Ibu Suri.

Swaziland, Negara kecil dengan sejuta penduduk ini merdeka dari Inggris pada 1968. Tanpa konstitusi, raja berkuasa sejak 1973 dan berkuasa penuh, termasuk penunjuk pemerintah. Raja Mswati III juga yang mengangkat Mamba, temannya sejak kecil, jadi menteri kehakiman
sumber;TEMPO Interaktif,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post