Kamis, 10 Maret 2011

6 Makanan Penangkal Sakit

Makanan Penangkal Sakit
Mengobati penyakit kadang-kadang merupakan pemborosan waktu dan biaya yang seharusnya bisa dihindari. Beberapa makanan jika rutin dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pengeluaran untuk berobat bisa dicegah.
Makanan-makanan yang bisa menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya adalah sebagai berikut, dikutip dari HealthMad, Selasa (8/3/2011).
1. SalmonKandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon bermanfaat bagi pencegahan penyakit jantung. Penelitian membuktikan bahwa makan salmon setiap pekan bisa mengurangi tekanan darah, risiko serangan jantung, asma dan beberapa jenis kanker terutama kanker usus dan payudara.
2. WortelBeta karoten adalah salah satu kandungan wortel yang bermanfaat sebagai antikanker serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Makan wortel setiap hari juga baik untuk kesehatan mata, karena bisa mengurangi gangguan penglihatan termasuk katarak.
3. Bawang putihBeberapa penelitian pada hewan membuktikan, kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang putih bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Rutin mengonsumsi beberapa siung bawang putih setiap hari juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah yang bisa memicu stroke dan serangan jantung.
4. JerukTidak perlu diragukan lagi, jeruk merupakan sumber antioksidan dalam bentuk vitamin C yang paling populer. Selain mengurangi risiko kanker, jeruk juga mencegah stroke karena diperkaya dengan vitamin B dan salah satu mineral penting yakni kalium.
5. BrokoliKandungan serat atau karbohidrat kompleks dalam brokoli ibarat sikat yang memberihkan saluran pencernaan dari racun-racun pemicu kanker, sekaligus membantu melancarkan buang air besar. Serat yang tinggi juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan membantu tubuh mengontrol kadar gula darah.
6. ApelDaya tahan tubuh akan meningkat jika rutin mengonsumsi apel setiap hari, karena buah ini kaya akan vitamin C dan A yang berkhasiat sebagai antioksidan. Kandungan seratnya juga membantu mengurangi kolesterol sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai penyeimbang bagi yang gemar makan-makanan berlemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post