Jumat, 04 Maret 2011

Mendeteksi Bom dan Narkoba Dengan Bantuan Tikus

Sejauh ini, hanya anjing yang mampu menangani tugas dalam menditeksi bom atau obat terlarang tetapi dengan adanya yang satu ini, setidaknya sekarang tikus juga bisa digunakan sebagai pengganti anjing pelacak.
BioExplorers adalah sebuah teknologi yang menggabungkan 2 hal yaitu teknologi itu sendiri dan beberapa ekor tikus terlatih di dalamnya yang punya keahlian dalam penciuman untuk bahan tertentu.

Dengan bantuan beberapa tikus terlatih maka alat ini bisa menditeksi berbagai jenis bahan peledak dan narkoba dalam hitungan detik.
Memang BioExplorers tidak sebaik anjing pelacak tetapi jika dibandingkan dengan alat sejenis maka BioExplorers lebih murah, cepat dan akurat tapi asal jangan lupa kasih makan tikusnya. :-)
Dibandingkan dengan alat pemindai yang sering kita lihat di airport, BioExplorer lebih cepat dalam menditeksi bahan berbahaya (hanya butuh waktu 3-6 detik) dan juga mengurangi masalah tentang privasi para penumpang karena BioExplorers tidak perlu melihat bagian dalam seseorang. :-)
Sumber berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post