Senin, 07 Maret 2011

Fenomena Unik Danau Gippsland

Di Danau Gippsland di Australia bioluminescence merupakan fenomena yang sangat unik, indah, dan langka yang dihasilkan dari sebuah rantai peristiwa seperti banjir bandang, badai, dan kebakaran hutan. Hal ini akan memicu ledakan jumlah suatu jenis ganggang tertentu. Dan ini merupakan hal yang aneh untuk dilihat dan mungkin membuat orang berpikir bahwa sedang mengalami serangan oleh spesies lain di luar bumi.








PENYEBABNYA
Ialah Ganggang yang mempunyai sistem Bioluminescence.
Bioluminescence adalah pembentukan dan pemancaran cahaya oleh makhluk hidup. Bioluminescence biasanya terbentuk karena reaksi kimia yang dihasilkan oleh makhluk hidup. Reaksi kimia tersebut bisa terjadi baik di dalam sel, maupun di luar sel. Bioluminescence bisa ditemui pada bermacam-macam hewan laut dalam, beberapa jenis serangga, cacing, keong, mikroorganisme, dan juga jamur, kunang-kunang menyala.

Kata bioluminescence terdiri dari dua bahasa, bio (=hidup, Yunani) dan lumen (=cahaya, Latin). Bioluminescence adalah salah satu bentuk pemancaran cahaya, yang menghasilkan cahaya dingin. Hanya 20% dari total cahaya yang menghasilkan panas. Jadi, karakteristik bioluminescence berbeda dengan flourescence ataupun phosphorescence.









Sumber : disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post