Minggu, 12 Juni 2011

Baju Baru Jangan Langsung Dipakai

Punyakebiasaan baju yang baru dibeli langsung dipakai? Sebaiknya cuci dulubaju baru lalu menggunakannya. Karena baju yang baru di beli di tokomanapun seringkali mengandung bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.
http://foto.detik.com/images/content/2007/09/30/431/pingkan_d1.jpg
DrPhilip Tierno, direktur klinis mikrobiologi dan imunologi dari New YorkUniversity Langone Medical Center menguji beberapa pakaian yangdibelinya dari 3 toko berbeda, mulai dari toko yang mahal hingga yangmurah.

DrTierno menemukan pakaian-pakaian tersebut mengandung segala macambakteri, termasuk bakteri yang berkaitan dengan kotoran, ketiak danalat kelamin. Jumlah bakteri paling banyak ditemukan pada pakaian yangtelah dicoba oleh banyak pembeli, tapi ditemukan pula pada pakaian yangdibawa pulang.

"Tubuhkita secara alami memang mengandung berbagai macam bakteri. Tapi darisekitar 60.000 kuman, hanya sekitar 1-2 persen saja atau 600-1.200bakteri yang bersifat patogen (bisa menyebabkan penyakit)," ujar DrTierno, seperti dikutip dari Washington Post.

DrTierno menambahkan bakteri patogen lebih mudah menular dibandingkanyang lain, salah satunya adalah Norovirus yang dapat menyebabkanpenyakit saluran pencernaan. Bakteri tersebut dapat hidup di pakaiankering selama beberapa hari dan jika bakteri tersebut dipegang olehseseorang ketika mencoba pakaian, maka saat dikembalikan ke rak bisatertular ke orang lain atau dirinya sendiri dan masuk ke sistemtubuhnya.

Bakterilainnya adalah Staph MRSA dapat hidup pada pakaian katun selama 6bulan. Bakteri MRSA bisa ditularkan melalui kontak langsung ataupun taklangsung dengan kotoran, hidung, ketiak atau di sekitar areola putingsusu.

"Risikotubuh menjadi sakit akibat pakaian baru masih rendah, tapi risiko inibisa dikurangi lagi dengan mencuci tangan sebelum makan atau menyentuhwajah, hidung atau mulut setelah mencoba pakaian atau denganmenggunakan pakaian dalam ketika mencoba pakaian yang lain. Terutamajika Anda memiliki luka di tubuh," ujar Dr Tierno.

Selainitu cara pencegahan lainnya adalah dengan mencuci dan menyetrika bajubaru sebelum digunakan, untuk menghilangkan kemungkinan adanyabakteri-bakteri patogen dari pakaian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post