Senin, 13 Juni 2011

10 Tips Memotret Sunset dan Sunrise

Memotret sunset dan sunrise adalah salah satu dari sekian banyak ”fotowajib“ yang harus dilakukan oleh seorang penggemar fotografi. Kalauanda sudah pernah mencoba memotret sunset atau sunrise tetapi kurangpuas dengan hasilnya, silahkan coba tips berikut ini supaya foto sunsetdan sunrise bertambah baik:
1903863438_9b75d75043.jpg

Lakukan Persiapan Sebaik-baiknya

Sunsetdan sunrise hanya berlangsung sekitar setengah jam. Untuk itu kitaharus melakukan persiapan matang sebelumnya. Pastikan datang lebih awaldan pastikan anda sudah tahu dari titik sebelah mana anda akanmemotret. Agar komposisi akhir foto keren, lakukan observasi tempatsebelumnya. Untuk memastikan anda tidak terlambat , usahakan anda tahujam berapa sunset atau sunrise akan tiba (karena jam sunset / sunriseberbeda dari lokasi ke lokasi). Juga pastikan peralatan sudah siap:kamera – lensa – tripod (jika ada) serta aksesoris lainnya sudahterpasang & disetel dengan baik, sehingga saatnya tiba kita bisasibuk memotret bukan sibuk mengeset alat.
3668234881_617c98d933.jpg

Jangan Kecewa Karena Mendung

Karenaanda sudah bersusah – payah mendatangi lokasi yang jauh dan sulit,jangan kecewa kalau mendadak mendung tiba. Maksimalkan kreatifitas andasaat langit tertutup mendung. Langit mendung bukan halanganmenghasilkan foto indah saat sunrise dan sunset. Cari tahu obyek apasaja yang menarik untuk difoto saat mendung atau hujan.

Jangan Terpaku Pada Wide Angle

Memotretsunset dan sunrise menggunakan lensa sudut lebar (wide angle) merupakanhal yang biasa, namun jangan terpaku hanya menggunakan lensa tersebut(kalau anda memang punya pilihan lain). Manfaatkan rentang lensa yanglain, misalnya lensa tele.
2595728993_82326e6229.jpg

Maksimalkan Siluet

Halyang menambah daya tarik foto sunset dan sunrise adalah siluet. Siluetmemberi kesan yang kuat serta memberi cerita dalam foto anda, apalagijika anda memotret sunset atau sunrise di lokasi yang memilikiidentitas kuat.

Bawalah Tripod

Jika anda ingin memanfaatkan teknik long shutter – membuat HDR atau panorama: tripod wajib dibawa

Gunakan Manual Focus

Karenasunset dan sunrise memiliki kualitas cahaya yang lumayan ekstrim,kadang kamera akan kesulitan menemukan fokus jika anda menggunakan modeauto focus, segera ganti ke mode manual sehingga kita tidakmenyia-nyiakan waktu menunggu kamera menemukan titik fokus.
183916459_c501884355.jpg

Gunakan Preset White Balance Cloudy

Ubahlahsetting white balance anda ke cloudy (biasanya dilambangkan dengan ikonmendung). Setting white balance ini akan membuat foto sunset atausunrise lebih hangat dan warnanya lebih “menggigit”, dibandingkan kalaumenggunakan setting white balance auto. Atau jika anda sukabereksperimen, cobalah setting white balance lainnya.

Gunakan Spot Metering (SLR dan Prosumer) atau Sunset Scene (Untuk Kamera Saku)

Untukmemperoleh eksposur yang tepat, gunakan mode metering spot jika andamemiliki kamera SLR dan prosumer, atau gunakan mode scene sunset/sunrise jika anda menggunakan kamera saku pemula. Untuk pengukuranmenggunakan spot meter, arahkan titik fokus ke area sekitar matahari(jangan tepat di matahari – nya lalu lakukan metering dengan memencetseparuh shutter, lalu kunci eksposur anda. Untuk kamera saku (denganmode scene), tinggal arahkan dan jepret.
380260645_8cc03aa912.jpg

Jangan Berhenti Ketika Sunset Lewat

Saatmemotret sunset, jangan kemasi kamera anda hanya karena matahari sudahmelewati garis horison. Bertahanlah sebentar lagi, karena cahaya sesaatsetelah sunset adalah salah satu cahaya paling indah yang dikeluarkanalam. Begitu juga dengan sunrise, jangan datang terlalu mepet denganwaktu matahari terbit. Cahaya sesaat sebelum sunrise adalah salah satuyang paling indah

Berdoalah Agar Alam Berpihak Pada Anda

Andasudah jauh – jauh datang ke pantai terpencil (atau gunung), menyiapkanalarm untuk bangun jam 4 pagi dan sudah menata semua peralatan agarsiap memotret, namun tiba – tiba hujan tiba. Ya apadaya, memotret dialam terbuka memang membutuhkan keberuntungan dan kesabaran, kenapakesabaran? karena anda bisa mencoba lagi esok hari

ref: belajarfotografi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post