Minggu, 12 Juni 2011

Jangan Berada Di Depan PC Selama 5 Jam perHari


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJWiM_dk8pyapB0GzSb19MQVgtSnOdbawj3ZjV4KgtuurAwjFlD9IWL6OZdCdB_QzWd62i-PtUb_y8TJEHaeRCIoTgjYqcXCHdJ0Sxc8NFkOyzVfrdf5atBFrSGEGqNUTkNi-Gdc1hA-A/s1600/kerja+depan+komputer.JPG

Menurut penelitian, menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari didepan komputer bisa merusak jantung dan menjurus ke kematian lebihcepat. Penyebabnya adalah posisi duduk, terutama duduk bersandar, yangmerupakan posisi umum saat orang bekerja dengan komputer, bermain game,ataupun menonton televisi.

Penelitian tersebut dilakukan olehEmmanuel Stamatakis, peneliti dari University College London, Inggris.Ia melakukan penelitian terhadap lebih dari 4.500 orang berusia di atas35 tahun dan hasilnya dipublikasikan di Journal of the American Collegeof Cardiology.

Temuan ini menambah bukti-bukti yang terusterkumpul seputar bahayanya berlama-lama duduk. Padahal, kecenderunganyang terjadi saat ini adalah orang semakin banyak yang duduk di depankomputer saat bekerja di kantor.

“Orang yang menghabiskan waktulebih dari 4 jam berturut-turut per hari di depan komputer memilikipeluang 125 persen lebih tinggi akan mengalami kematian terkaitpenyakit jantung dibanding mereka yang hanya menghabiskan waktu kurangdari 2 jam di depan layar,” kata Stamatakis, seperti dikutip dariExaminer, 20 April 2011.

Stamatakis menyebutkan, daripenelitian, mereka juga menemukan bahwa 48 persen orang yangmenghabiskan waktu 4 jam di depan komputer berturut-turut jugaberpeluang mengalami kematian lebih cepat akibat faktor lain di luarjantung.

Lebih lanjut, mereka yang menghabiskan lebih dari 5 jamdi depan komputer per hari, risiko mati lebih cepatnya naik secarasignifikan.

Sebelumnya, diperkirakan bahwa mereka yangmenghabiskan waktu terlalu banyak di depan komputer, atau juga di depantelevisi, merupakan orang yang malas berolahraga dan menyebabkanmunculnya penyakit. Namun, dari data yang didapat, tidak demikian.

“Orang yang berolahraga secara reguler di waktu luang mereka juga memiliki peluang untuk mati lebih cepat,” kata Stamatakis.

Penelitimeyakini bahwa penyebabnya memang adalah duduk yang terlalu lama.Posisi tersebut diketahui menyebabkan penurunan 90 persen lipoproteinlipase dan enzim jantung yang sehat. Pembengkakan dan masalahmetabolisme yang disebabkan oleh ketidakatifan dalam waktu panjang jugamenjadi sumber permasalahan.

Akan tetapi, ada solusi bagi merekayang terpaksa harus bekerja di depan komputer sepanjang hari. “Andaharus bangun setiap 20 menit dan berjalan kaki sejenak,” kataStamatakis. “Itu akan menurunkan masalah-masalah tersebut dan mungkinakan meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post