Minggu, 12 Juni 2011

Daftar 10 Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia

Sejarahpertelevisian di Indonesia memang panjang, Dalam perjalananya, Duniapertelevisian Indonesia tak lepas dari adanya unsur politik negeri Ini.Di dalam daftar 10 Stasiun Televisi swata pertama di Indonesia ini,anda akan melihat betapa peran banyak politisi dalam proses pembangunanStasiun televisi swasta di Indonesia ini. Dalam daftar ini, kami hanyaakan menyertakan stasiun televisi swasta yang sudah bertingkatnasional, dan bukan regional (jadi jangan heran jika Jogja Tv, Bali TV,Jak Tv, dan yang lainya tidak akan masuk dalam daftar ini). Pengurutandaftar ini kami dasarkan pada tanggal penyiaran nasional perdana, danbukan berdasarkan tanggal berdirinya.

Berikut adalah daftar 10 Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia:

1. RCTI
RCTIatau Rajawali Citra Televivi Indonesia adalah satsiun televisi swastapertama di Indonesia. RCTI didirikan untuk saranan alternatif siarantontonan yang menarik yang sebelumnya selalu didominasi oleh TVRI(gimana nggak mendominasi, la TVRI kan stasiun televisi satu-satunya diIndonesia). Dan mengudara pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1987.dan kemudian memulai siaran percobaan secara global pada tanggal 1januari 1988 dan Diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. Pada awalnyaIjin siaran RCTI awalnya adalah untuk area Jabodetabek, tapi karenasemakin hari semakin banyak peminat siaran RCTI, maka kemudian RCTImulai siaran secara bebas di Indonesia dengan dibarengi ijin pemerintahatas hak siaran di Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1990
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeuRuhOvqPCdflDOfaSpMtylK1dvIRqVWUXf7hLRcUTh1ToNGCoB4Ft4en0pCrzxJTmkM_YxNpLqdILDMpRiLjmL-db80wI4ZC1vvj1dR2jUCU4EGvSiXB7VNVeNek8YBzHAh5qsLh1qjR/s320/RCTI.jpg
2. TPI
TPI(dulu merupakan singkatan dari Televisi Pendidikan Indonesia) merupakanStasiun Swasta kedua di Indonesia, pada awalnya, TPI merupakan stasiunyang berbagi dengn TVRI yang khusus menyiarkan berbagai acarapendidikan dan edukasi. Mengudara secara nasional pertama kalinya padatanggal 1 Januari 1991.dan diresmikan pada tanggal 23 Januari 1991 olehPresiden Soeharto di Studio 12 TVRI. Walaupun dulunya TPI berkongsidengan TVRI, tapi di pertengahan tahun 90-an, TPI mulai memisahkan diridari TVRi dan mulai membuat siaran sendiri serta mulai mengurangisiaran pendidikan, dan kemudian berubah kepanjangan menjadi TelevisiPaling Indonesia.

3. SCTV
SCTV(awalnya singkatan dari Surabaya Central Televisi Indonesia), hal inimemang sebenarnya SCTVpada awalnya adalah stasiun yang memancarkansiaran RCTI (yang pada saat itu hanya mengudara di daerah Jabodetabek)di daerah Surabaya dan sekitarnya. Maka tak heran jika saat ituy, SCTVdan RCTI dikenal sebagai saudara kembar. Mengudara pertama kali padatanggal 24 Agustus 1990 (berbarengan dengan keluarnya ijin RCTI untukmengudara secara nasional). pada awalnya, siaran SCTV hanya berupasiaran RCTI yang disiarkan kembali, tapi lama-kelamaan, SCTV mulaimembuat siaran sendiri dan mulai terpisah dengan RCTI.Dan Pada tahun1991, siaran SCTV mulai meluas ke daerah luar teritori surabaya sepertiBali, Lamongan, Banyuwangi, dll. Sejak saat itulah kemudian SCTVmengubah kepanjanganya menjadi Surya Citra Televisi Indonesia.SCTVsendiri mulai mengudara secara nasional pada tanggal 1 Januari 1993,dengan berbekal SK Menteri Penerangan No. 111/1992


4. Antv
Antv(dieja Anteve, singkatan dari Andalas Televisi) adalah salah satustasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Pada awalnya, pemancarutama Antv didirikan di bandar lampung pada tanggal 1 Januari 1993 danmenyiarkan acaranya di daerah bandar lampung, Baru pada tanggal 18Januari 1993 antv mendapat stasiun televisi siaran nasional di kotaJakarta melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04A/1993. Antv barudiresmikan pada tanggal 1 Maret 1993.


5. Indosiar
Indosiaradalah salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang beroperasi diDaan Mogot Jakarta Barat. Stasiun televisi yang dikelola oleh PTIndosiar Karya Media Tbk Pertama kalinya beroperasi secara nasionalpada tanggal 1 September 1994 di Jakarta dan dirtesmikan pada tanggal 1januari 1995. Pada awal siaranya, Indosiar banyak menayangkanacara-acara favorit keluarga dan menjadi salah satu Stasiun Televisipaling banyak ditonton pada era 90-an. Tapi kini, pamornya mulai turunsejalan dengan makin banyaknya Stasiun stasiun televisi baru yangmendapat hak siar.

6. Trans TV
TransTV (Televisi Transformasi Indonesia) didirikan pada tanggal 1 Agustus1998 Trans TV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baruterhitung siaran percobaan, Trans TV sudah membangun Stasiun RelaiTV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorangpresenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. Trans TV kemudianpertama mengudara mulai diluncurkan diresmikan Presiden Gus Dur sejaktanggal 15 Desember 2001 sejak sekitar pukul 19.00 WIB Malam, TRANS TVmemulai siaran secara resmi.

7. Trans 7
Trans7 adalah sebuah Stasiun televisi yang sebelumnya bernama Tv7. Stasiuntelevisi ini Didirikan pertama kalinya pada tanggal 22 Maret 2000 dandikelola oleh PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh, dan diluncurkanpertama kalinya pada tanggal 10 November 2001.Sebelum bernama Trans 7,Stasiun televisi ini bernama Tv7, Tapi setelah PT Trans Corpora membelisaham PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh sebesar 49%, maka kemudianTv7 berganti nama menjadi Trans7 pada tanggal 4 Agustus 2006 dandilaunching ulang pada tanggal 15 Desember 2006

8. Tv One
TvOne(yang sebelumnya bernama Lativi) adalah stasiun televisi yang didirikandan menyiarkan siaranya pertama kali pada tanggal 9 Agustus 2002.Padaawalnya, isi siaranya berupa acara hiburan keluarga, Tapi sejak tanggal14 Februari 2008, Lativi resmi berganti nama dengan nama TvOne dansejak saat itu, TvOne mulai banyak menyiarkan berita (bahkan komposisiacara beritanya mencapai 70%).
http://www.arrahmah.com/images/stories/09/logo+tv+one.JPG

9. Metro TV
MetroTv merupakan stasiun televisi milik PT Media Televisi Indonesia (anakperusahaan dari Media Group,suatu kelompok usaha media yang dipimpinoleh Surya Paloh), Pertama kalinya memperoleh izin siar secara nasionalpada tanggal 25 oktober 1999. Metro Tv mengudara pertama kalinya padatanggal 25 November 2000. pada awalnya, metro tv hanya mengudara di 7kota dan hanya berporsi 7n jam sehari, tapi sejak 1 April 2001, MetroTv mengudara secara penuh. Stasiun televisi ini mempunyai ciri khasyaitu hanya menyiarkan siaran yang berbau berita dan educational, jadijangan harap bisa menemukan acara tak bermutu di Stasiun televisi ini.

10. Global TV
GlobalTv merupakan stasiun televisi swasta yang dikelola oleh Media NusantaraCitra (perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan TPI). Didirikan dandiluncurkan pertama kalinya pada tanggal 8 Oktober 2002, dan padaawalnya hanya disiarkan untuk merelay acara MTV Asia yang pada awalnyaditayangkan di Antv. Namun sejalan dengan makin turunya pamor MTV Asia,Global TV lalu mulai menyiarkan acara sendiri (saat itu program yangmenonjol adalah acara-acara dari Nickelodeon). Dan kini Global Tv telahmampu menyiarkan banyak acara-acara bermutu.
http://www.nadamusik.com/wp-content/uploads/2008/09/globaltv_3rd_logo.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post