Minggu, 12 Juni 2011

5 Pionir Ilmu Komputer Dunia

Komputermerupakan alat yang digunakan hampir semua orang di dunia. Dari mulaianak kecil hingga orang tua, tampaknya sulit lepas dari perangkatdigital ini. Namun, penemuan komputer tidak semudah penggunaannya saatini. Membutuhkan waktu hingga puluhan, bahkan ratusan tahun hinggatercipta sebuah komputer canggih yang kita kenal saat ini. Sepertiapakah usaha pionir komputer ini? Berikut paparannya.
1. Ramon Llull – 1300
RamonLlull merupakan penulis dan filsuf Kerajaan Majorca yang dilahirkanpada 29 Juni 1315. Dia menulis literatur awal Kerajaan Majorcan.Manuskrip yang masih bertahan memperlihatkan bahwa Ramon diantisipasioleh beberapa pekerjaan menonjol berabad-abad dalam teori pemilihan.Dia dianggap pionir theori komputasi, khususnya dalam merancang beragamrepresentasi simbol mesin. Dia juga meletakan gagasan pionirrepresentasi dan manipulasi simbol untuk memproduksi pengetahuan duaarah. Hal ini pengaruh kepada Gottfried Leibniz yang juga dianggapsebagai pionir ilmu komputer. Ramon juga diketahui sebagai ilmuwanHukum Roman.
Ramon Llull (Sumber: Wikimedia)

2. Gottfried Leibniz – 1670
Memilikinama lengkap Gottfried Wilhelm Leibniz, filsuf dan matematikawan Jermanini lahir pada 1 Juli 1646. Dia menulis dalam berbagai bahasa, utamanyadalam bahasa Latin, Perancis, dan Jerman. Dia memiliki tempat yangcukup menonjol di sejarah matematika dan filsafat. Dia merupakan penemuyang paling produktif untuk bidang kalkulator mekanis. Selama bekerjadengan kalkulator Pascal, Leibniz merupakan orang yang pertamamenggambarkan tombol kalkulator pada 1685 dan menemukan roda Leibniz.Dia juga menyuling sistem angka binary yang merupakan dasar bagivirtualisasi semua komputer digital.

Gottfried Wilhelm von Leibniz (Sumber: Wikimedia)

3. Charles Babbage – 1822 hingga 1837
CharlesBabbage merupakan matematikawan, filsuf, penemu, dan insinyur mekanisInggris yang pertama kali memulai konsep komputer programming. Priakelahiran 26 Desember 1791 ini dianggap sebagai Bapak Komputer. Diamerupakan penemu komputer mekanis pertama yang akhirnya mendorongrancangan yang lebih kompleks. Pada 1991, fungsi Difference Engingeyang sempurna telah dikonstruksikan dari rencana asli Babbage. Hal inimengindikasikan bahwa mesin Babbage telah terbukti bekerja.

Charles Babbage (Sumber: Wikimedia)

4. Ada Lovelace – 1843
Dilahirkandengan nama Augusta Ada Byron pada 10 Desember 1815, dieketahui sebagaipenulis Inggris utama yang bekerja pada Charles Babbage’s. Babbage’sketika itu tengah mengembangkan mekanikal komputer untuk tujuan umumawalnya, sebuah mesin analitik. Catatan Byron pada mesin tersebut yangsaat ini dikenal sebagai algoritma pertama untuk diproses oleh mesinBabbage. Karena hal inilah sewaktu-waktu Byron digambarkan dalamkebudayaan popular sebagai Programmer Pertama Komputer di Dunia. AdaLovelace muda memiliki ketertarikan pada matematika dan sebagianpekerjaan Babbage pada mesin analitik. Antara 1842 dan 1843, diamenterjemahkan artikel dari matematikawan Italia Luigi Menabrea padamesin Babbage yang kemudian Byron gantikan dengan beberapa catatanmiliknya. Catatan ini mengandung apa yang dianggap sebagai perangkatlunak komputer pertama yang algoritmanya diuraikan oleh mesin. CatatanByron ini sangat penting dalam sejarah awal komputer.

Ada Lovelace (Sumber: Wikimedia)

5. George Boole – 1847 hingga 1854
Matematikawan dan filsuf Inggris yang dilahirkan pada 2 Nopember 1815ini bernama George Boole. Dia merupakan penemu logika Boolean yangdisebut juga Aljabar Boolean. Penemuannya ini merupakan dasar bagikomputer digital modern. Aljabar Boolean sendiri oleh Claude Shannonditeliti ulang setelah 75 tahun Boole wafat. Dalam tesisny, Shanoonmenyimpulkan bahwa aljabar Boolean sangat berguna. Sederhananya,aljabar ini bisa digunakan untuk merancang relay dan switch listrik.Semua sirkuit digital era komputer saat ini menggunakan aljabar Booleanuntuk mengatasi masalahnya. Tak heran, bila akhirnya George Booledianggap pendiri bidang ilmu komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post