Senin, 13 Juni 2011

10 Ritual Kematian Yang Tidak Biasa

Dalambanyak budaya di dunia, kematian adalah sesuatu yang sakral sehinggadiperlukan sebuah upacara khusus untuk menghormati atau mengenangmenreka yang mati. Sepertinya penguburan mayat dan kremasi adalahsebuah ritual kematian yang biasa ditemui. Namun, percayakah anda bahwaada beberapa budaya membuang mayat, berdansa dengan mayat hingga yangpaling mengerikan adalah ritual memakan mayat!…..

Silahkan mempersiapkan diri sebelum Anda membaca ritual kematian yang tidak biasa di bawah ini:

10. PEMAKAMAN DENGAN PENARI TELANJANG


Menghadiriupacara kematian dapat menjadi membosankan, kecuali ada penaritelanjang profesional di pemakaman. Di wilayah Donghai China, pemakamansebenarnya simbol status. Reputasi orang mati dan kehormatan dianggapberbanding lurus dengan jumlah orang yang menghadiri pemakamannya.Jadi, keluarga menyewa penari telanjang untuk menarik orang banyak.Pihak berwenang Cina telah mulai menindak praktek ini setelah gencarnyamedia memberitakan.

9. BERDANSA DENGAN ORANG MATI


Percayaatau tidak, orang Malagasi di Madagaskar mengeluarkan orang mati darikubur dan melakukan perayaan bersama mereka. Ritual yang disebut Famadihanaini meyakini semangat almarhum akan bergabung dengan nenek moyangmereka setelah tubuhnya membusuk. Perayaan yang diiringi dengantarian-tarian bersama mayat ini diadakan sekali setiap tujuh tahunsekali dan merupakan waktu reuni keluarga bersukacita.

8. PEMAKAMAN LANGIT


Iklimkeras Tibet dan tanah berbatu-batu membuat pemakaman di sana terasamustahil. Jadi, warga Buddha di Tibet sering pergi untuk sebuah‘pemakaman langit’ di mana tubuh akan cincang, dicampur dengan tepungdan diatur sedemikian rupa agar dimakan oleh burung-burung pemakanbangkai. Mereka percaya bahwa tubuh hanyalah sebuah kapal untuk jiwadan harus kembali ke alam.

7. PEMAKAMAN TANA TORAJA


Pemakamandi wilayah Tana Toraja Indonesia adalah sebuah ritual agung. Upacarapemakaman disertai dengan musik, tari-tarian dan pesta untuk sejumlahtamu. Dimengerti, kematian di sini adalah sebuah kesempatan mewahdengan harga yang mahal. Jadi, keluarga almarhum diberikan penangguhan,mereka tidak perlu menguburkan tubuh mayat dengan segera. Mereka hanyadapat membungkusnya dan menyimpannya di dalam rumah mereka, sementaramereka menabung untuk biaya pemakaman. Tabungan dapat waktuberminggu-minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sementara waktuitu, mayat diperlakukan sebagai orang sakit dan dimasukkan dalamrutinitas sehari-hari. Sebuah pemakaman yang sebenarnya terjadi ketikakeluarga melakukan upacara kematian dan peti mati ditempatkan dikuburan berupa gua atau tergantung di tebing.

6. KEMATIAN YANG MEMPESONA


Orang-orangsekarang dapat ‘memakai’ orang yang mereka cintai di jari-jari mereka.Sebuah perusahaan Amerika yaitu LifeGem menawarkan kesempatan bagimereka yang mati dan dicintai menjadi sebuah berlian sintetik. Prosesini dimulai dengan menangkap karbon dari tubuh pada saat dikremasi darialmarhum. Karbon dari tubuh orang mati ini kemudian diubah menjadigrafit selanjutnya menjalani sebuah proses dengan suhu dan tekanansangat tinggi untuk mendapatkan kristal mengilap seperti berlian.Harganya berkisar dari $ 3500 sampai $ 20,000 tergantung pada ukurankarat.

5. PETI MATI FANTASI


Jikasaja Elvis meninggal di Teshi (Ghana), maka dia akan dikuburkan dalamsebuah peti mati berbentuk gitar. Warga pinggiran Accran ini mempunyaikebiasaan menguburkan mereka yang mati dalam peti mati fantasi. Petimati ini mengambarkan profesi almarhum. replika raksasa botol coke,buah-buahan atau ‘gadget’ lainnya akan ditampilkan di ruang pamer petimati.

4. ENDOCANNIBALISME


Mungkin ini ritual kematian terburuk yang pernah ada.Endocannibalismeadalah praktik di mana orang memakan tubuh orang yang mati. Ide dibalik kebiasaan mengerikan ini adalah kepercayaan bahwa dengan memakantubuh si mati maka sekaligus akan ‘menghisap’ sifat-sifat almarhumuntuk asimilasi roh. Beberapa suku di Amerika Selatan dan Australiadikatakan telah mempraktekkan ritual menyeramkan ini. Tapi banyakakademisi merasa endocannibalisme adalah tuduhan palsu dilemparkan olehkolonial pada masa awal untuk mendapatkan alasan dominasi politik.Menurut antropolog Napoleon Changon, komunitas Yanomamo di AmerikaSelatan masih makan abu dan sisa tulang orang yang mati setelah dikremasi.

3. MUMIFIKASI DIRI SENDIRI


Halini membuat ritual menjelang kematian terdengar seperti lelucon.Beberapa biksu Budha yang disebut Sokushinbutsu di Jepang tidak hanyamelakukan bunuh diri, mereka juga melakukannya dengan cara yangdipercaya menyebabkan mereka menjadi mumi. Proses ini dimulai dengandiet kacang dan buah-buahan dikombinasikan dengan kegiatan fisik yangkeras. Penghapusan lemak tubuh tercapai dengan langkah pertama. Langkahkedua melibatkan kehilangan cairan tubuh dan meracuni tubuh merekauntuk mencegah serangan belatung. Ini dicapai dengan mengkonsumsikulit, akar dan teh beracun selama seribu hari.


Padatahap terakhir, biarawan itu akan memasuki sebuah makam batu, dudukdalam posisi lotus dan menunggu kematian. Dia akan membunyikan loncengsetiap hari untuk membiarkan sesama biarawan tahu bahwa dia masihhidup. Dan kemudian ketika lonceng tidak lagi berbunyi, para biarawanakan menyegel makam, menunggu 1000 hari lagi sebelum membukanya untukmemverifikasi mumifikasi itu.

2. PUASA UNTUK KEMATIAN


VimlaDevi, seorang wanita India melawan kanker, meninggal pada 2006.Penyebab kematian itu bukan kanker tapi puasa selama 13 hari yangdisebut santhara.Ini kematian sukarela dengan puasa yang dipraktekkan oleh Jain, sebuahkomunitas yang percaya anti kekerasan terhadap semua makhluk. Santharabiasanya dimulai setelah orang memutuskan bahwa tujuan hidupnya sudahtercapai dan siap untuk pemurnian spiritual. Dikenal ritual yang mirip,yang sering dianggap sebagai bentuk bunuh diri atau euthanasia. Namun,dalam komunitas, santhara menabukan hal ini.

1. EXPOSURE


Zoroastrianismepercaya bahwa setelah kematian tubuh hanya membuat pencemaran saja.Kremasi atau penguburan dikesampingkan karena mereka beranggapan akanmencemari unsur-unsur sakral seperti api dan bumi. Jadi, merekamelakukan sebuah ritual yang disebut eksposure orang mati. Tubuhalmarhum disimpan di menara yang disebut Tower of Silence dan dibiarkandimakan oleh burung nasar. Praktek ini sekarang masih dilakukan di anakbenua India. Berkurangnya populasi Hering burung pemakan bangkai diIndia telah menyebabkan proses ini menjadi mengerikan. Beberapa Fototerakhir, menunjukkan tumpukan mayat semakin membusuk di atas Tower diMumbai (India), dan membangkitkan kontroversi dalam masyarakat
source: http://septenk.blogspot.com/2010/04/10-pemakaman-yang-tidak-biasa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post