Minggu, 06 Maret 2011

Alasan Kenapa Mahasiswa Memperlama Masa Kuliahnya

Ada beberapa pendapat yang ane ambil, kenapa seorang mahasiswa/i memperlama masa kuliahnya, silahkan dicekibrot beberapa alasan dibawah ini ..
1. Kuliah karena (merasa) Dipaksa/terpaksa
Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bgi stiap orang tua. Dr lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yg pintar dan sukses. Bahkan…. memaksa anaknya utk kuliahpun bisa saja mreka lakukan. Berawal dr sebuah keterpaksaan inilah maka ketika sudah menjadi mahasiswa dia enggan utk srius dlm kuliah apalagi pengen cepat2 diwisuda

2. Salah mengambil Jurusan
biasa deh, kalau udah Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yg memiliki jurusan2 favorit menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan laen (yg tdk diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya agar mereka(lulusan SMA/SLTA/SMK) tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yg diminati.

3. Terlalu banyak menikmati kebebasan lepas sementara dari orang tua
Seringkali kita sebut dengan sebutan “anak mamih/papih” terkadang juga menjadi faktor kuliah lama. Rendahnya pengawasan dr orang tua (jauh dr ortu) terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Kerjanya maen, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong (hangout/cangkrukan) sana-sini dan lain-lainnya.

4. Sibuk mengikuti Organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas
Tingkat Intelegency Emotional (IE) yg lebih besar drpd IQ mendorong mahasiswa lbh senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan-kegiatan OK atau Ormas drpd belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabis2kan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

5. Menekuni hoby secara berlebihan
Soft Skill yang dimiliki mahasiswa mendorong untuk menjadi hobi. Hobi klo dilakukan secara wajar itu baek, tapi kalau berlebihan…… pasti mengganggu kegiatan yang lainnya. Beberapa hobi seorang mahasiswa contohnya ngeGame, ngeBand, Billiard, Play Station, ngeNet, Futsal dll, bisa mendorong seorang mahasiswa/i memperlama masa kuliahnya

6. Bisa mendapatkan uang sendiri (kerja)
Kerja terkadang dibutuhkan bagi mahasiswa2 terutama yg kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mreka yg terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya simple, Ujung akhir dr kuliah adalah mendpt gelar sarjana yg bisa digunakan sbg sarana utk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. Klo kuliah aj udah bisa punya uang sendiri knp hrs buru2 lulus??? Makanya mreka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya.

7. Tidak adanya Jaminan Kerja setelah Lulus
Tidak adanya jaminan inilah yg paling banyak membuat mreka lbh milih lama kuliah drpd lama ngangur. Prinsipnya : Rizqi itu udah ada yang ngatur, n klo udah rejeki gk bakal kemana. So.. buat apa cepat2 lulus klo ujung2nya nganggur????Yang udah sarjana aj banyak yang nganggur kok.

8. Memiliki masalah dengan Dosen atau bahkan memiliki hubungan erat dengan dosen
kadang dosen juga bisa nyebelin kalau mahasiswa sudah terlalu dekat dengannya, nilai kita bisa di kasih bintang (*) jadi kelulusan kita semakin lama, entah apa alasan si dosen memberi nilai * sehingga mahasiswa jadi susah lulus

dari kedelapan pendapat/alasan diatas, adalah yang paling memungkinkan menjadi penyebab seorang mahasiswa memperlama masa kuliahnya.. jadi?

Sumber Klik disini ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post